Mengartikan Bahagia



Bahagia memiliki definisi individual untuk setiap orang. Bahagia untuk diriku sendiri bukan berarti menjadi bahagia orang lain. Perspektif bahagia sangat luas dimulai dari hal sederhana atau bahkan sebuah kerumitan yang membahagiakan. Ternyata makna bahagia adalah dibuat, memaknai bahagia sekarang bisa jadi tidak membahagiakan di kemudian hari. Malam ini, melalui suatu pertanyaan tentang arti bahagia aku mendapatkan banyak jawaban beragam. Ini membuatku sadar bahwa manusia adalah individu yang saling berbeda dan mempunyai banyak cara untuk membuat dirinya merasa bahagia.
Ikhlas menjadi salah satu jawaban dari sekian makna bahagia. Menarik menurutku karna ini hal yang susah. Ikhlas tidak bisa diukur dan dinilai, hanya bisa dilakukan dengan tanpa klaim bahwa ia telah ikhlas. Sebagai manusia ketika merasa bahagia karna telah mampu ikhlas adalah kebahagian pribadi yang dapat dinikmati sendiri karna yang tau bahwa dirinya telah ikhlas adalah kamu sendiri.
Jawaban lainnya adalah bermanfaat dan menjadi motivasi orang lain untuk terus maju. Bukan sederhana untuk bisa bahagia seperti ini. Aku juga percaya bahwa kebahagiaan itu mudah tersalurkan dan selalu membawa energi yang mudah menular. Dengan bermanfaat, kita bisa merasakan kebahagiaan dari orang lain. Dengan melihat orang lain mampu maju karna apa yang telah kita lakukan atau ucapkan akan menghasilkan kebahagiaan. Bahagia seperti ini bukan tentang diri sendiri yang ingin dibahagiakan tapi juga tentang orang-orang disekililing kita.
Sama halnya ketika ingin membahagiakan orang tua, maka secara otomatis kitapun akan bahagia. Namun sudahkah kita menanyakan apa arti bahagia menurut mereka ? kita ingin sukses, dapat pekerjaan dengan gaji tinggi dan mendapatkan jodoh yang mapan untuk membahagiakan orang tua tetapi jangan-jangan orang tua kita hanya ingin kita menyisihkan waktu diantara kesibukan kita untuk sekedar membuatkan teh di pagi hari dan mengobrol tetang hal sederhana, atau sekedar menanyakan kabar kesehatan mereka di setiap pagi. Maka bahagia terkadang bukan tentang materi  tapi moment yang kita buat.
Hal- hal sederhana lain menjadi makna bahagia bagi sebagian banyak orang. Seperti tentang “pulang” atau sekedar mendefinisikan bahagia dengan tidak bersedih. Tidak, kita tidak sedang mencoba mendefinisikan kebahagiaan untuk mencari kebenaran maka seluas-luasnya definisi bahagia adalah sah-sah saja. Maka bahagia bagiku adalah sesederhana menulis kemudian mengunggahnya di blog ini. Bukan menulis dengan benar, aku hanya bahagia menuangkan pikiranku dalam sebuah tulisan untuk sekedar merasakan kepuasan. Tentu bukan hanya itu, makna bahagiaku tidak cuma satu.



Komentar

Postingan Populer